Saturday, October 6, 2012

sejarah awal karimun kepulauan riau


SEJARAH AWAL KARIMUN

Dahulu karimun berada dibawah kekuasaan kerajaan sriwijaya hingga keruntuhannya pada abad ke -13, dan pada masa itu pengaruh agama budha mulai masuk hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti di desa pasir panjang. pada masa itu disebutkan karimun sering dilalui kapal-kapal dagang hingga pengaruh kerajaan malaka (islam) mulai masuk tahun 1414.

pada tahun 1511 malaka jatuh ketangan portugis, saat itu sultan mansyur syah yang memerintah memberi larangan pada keturunan raja-raja untuk tidak tinggal di malaka, dan mendirikan kerajaan-kerajaan kecil, lalu munculah kerajaan indrasakti, indrapura, indragiri, dan kerajaan indrapuri. sementara itu banyak rakyat malaka yang tinggal berpencar di pulau-pulau yang berada di kepulauan riau termasuk pulau karimun.

sejak kejatuhan malaka dan digantikan perannya oleh kerajaan johor, karimun dijadikan basis kekuatan angkatan laut untuk menentang portugis sejak masa pemerintahan sultan Mahmud syah (1518-1521) hingga sultan ala jala abdul jalil ri'ayat syah (1559-1591).

kemudian karimun berada dalam kekuasaan kerajaan riau - lingga (1722-1784) dan pada masa itu daerah karimun terutama kundur dikenal sebagai penghasil gambir, dan penghasil tambang (seperti : timah,granit, dll) dan karimun berkembang menjadi daerah perdagangan serta mencapai kejayaan pada masa pemerintahan raja ali haji.
 

No comments:

Post a Comment